Sabtu, 04 Desember 2010

Plutella xylostella dan rimpang jahe


@  Morfologi Plutella xylostella L.
                Plutella xylostella L. tergolong dalam ordo Lepidoptera, famili Plutellidae, Plutella xylostella mempunyai nama lain yaitu Plutella  maculipennis, atau disebut juga ulat tritip, tanaman inangnya, antara lain kubis, lobak, sawi, kolhrabi, kubis bunga, kubis kale, kubis tunas dan tanaman lain yang termasuk keluarga Cruciferae.      

Dalam perkembangan nya Plutella xylostella mengalami metamorfosis sempurna (Holometabola), yaitu stadium telur, larva, pupa, imago, lebih jelasnya:
  1. Imago
Imagonya berupa ngengat kecil berwarna coklat kelabu. Pada sayap depan terdapat tanda tiga berlian yang berupa gelombang (undulasi). Warna berlian pada ngengat betina lebih gelap dibandingkan dengan ngengat jantan. Lamanya siklus (daur hidup) ± 21 hari, ngengatnya aktif pada senja dan malam hari (Rukmana, 1994: 44).
  1. Telur
Bentuk telur bulat panjang, lebar 0,26 mm dan panjang 0,49 mm (Pracaya, 2005: 59). Telurnya kecil, putih kekuningan diletakkan pada permukaan bawah daun dalam kelompok 10-20 butir atau 3-4 butir (Yasin, 2008: 2701).
  1. Larva
Ulat yang baru menetas berwarna hijau pucat, sedangkan  yang telah besar warnanya lebih tua dengan kepala lebih pucat (Rukmana dan Saputra, 1997: 77). Larva Plutella xylostella mudah dibedakan dengan larva serangga hama lainnya karena larva ini tidak mempunyai garis membujur pada tubuhnya, larva terdiri atas empat instar (Suyamto, 2006: 5).

 
Gambar 2.1 Larva Plutella xylostella 
 d.   Pupa
Setelah cukup tua ulat mulai berkepompong, sarang kepompong dibuat dari sejenis benang sutera yang berwarna abu-abu putih pada bagian bawah permukaan daun. Pembentukan sarang kepompong mula-mula dibuat dari dasar, kemudian sisi depan dan tutupnya. Pada ujung masih ada lubang kecil untuk pernapasan (Pracaya, 2005: 60) 

 Klasifikasi Plutella xylostella L.
Klasifikasi Plutella xylostella L. Sebagai berikut:
      Filum      :  Arthropoda
      Kelas      :  Insekta
      Ordo       :  Lepidoptera
      Famili     :  Plutellidae
      Genus     :  Plutella
      Spesies   :  Plutella xylostella L. 

Morfologi Rimpang Jahe
Rimpang bercabang tidak teratur umumnya ke arah vertikal, kulit berbentuk sisik tersusun melingkar dan berbuku-buku, warna kuning coklat sampai merah tergantung jenisnya, daging berwarna kuning cerah, berserat, aromatik, mengandung banyak metabolit sekunder, merupakan perubahan bentuk dari batang yang terdapat di dalam tanah.
Batang semu, tidak bercabang, berbentuk bulat, tegak, tersusun dari lembaran pelapah daun, berwarna hijau pucat dengan warna pangkal batang kemerahan, tinggi dapat mencapai 1 m.
Daun tunggal, terdiri dari upih dan helaian daun, upih daun melekat membungkus batang, helaian daun tumbuh berselang seling, helaian daun tipis berbentuk lanset, berwarna hijau gelap, tulang daun sangat jelas tersusun sejajar, ujung daun meruncing, dan bagian pangkal membulat.
Pembungaan tumbuh langsung dari rimpang, bunga majemuk, tersusun berupa mayang, panjang mayang 4-7 cm, lebar 1,5-2 cm, bunga berbentuk tabung, warna bunga ungu atau hijau, setiap bunga dilindungi oleh daun pelindung. Buah berbentuk bulat panjang seperti kapsul dengan tiga ruang biji, masing-masing memiliki 7 bakal biji. Biji kecil, warna hitam berselaput  (Syukur dan Hernani, 2003: 43).        




Tidak ada komentar:

Posting Komentar